Recent Posts

Monday, August 25, 2008

10 Sikap Pemacu Karier

Mengapa sebagian orang dapat dengan mudah mencapai posisi teratas disuatu perusahaan, sementara sebagian lagi sulit untuk mendapatkanpromosi? Apakah kecerdasan, bakat, serta kekuasaan orang-orangtertentu mudah melesat? Tidak juga. Sikap ternyata lebih berperan.Ikuti sepuluh sikap positif ini, dan yakinlah karier Anda melesat maju.

1. Nasib saya tergantung dari diri saya.Bila Anda menghabiskan waktu hanya untuk menunggu datangnya mukjizat,maka Anda akan menunggu lama sekali, malah barangkali sia-sia.Seseorang yang sukses selalu melakukan sesuatu, secara baik dan tepat,untuk mewujudkan keinginannya. Anda sebaiknya bergerak dan melakukansesuatu, cari cara yang baik dan tepat, jangan hanya menunggu. Andapasti akan berhasil dan berhak untuk mewujudkan impian.

2. Segala sesuatu mungkin saja terjadi.Anda berpikir tidak mungkin menjadi wakil direktur. Jika demikian,maka Anda memang tidak akan pernah menduduki posisi tersebut. Ingat,jika Anda berpikir tidak bisa, maka Anda tidak akan pernah bisa.Tetapi bila berpikir Anda bisa, maka Anda pasti bisa.

3. Pekerjaan apa pun harus dilakukan dengan baik.Anda tidak pernah tahu saat Anda diperhatikan atau dinilai. Bila Andaterbiasa melakukan pekerjaan dengan baik dan benar, maka Anda tidakmendapatkan kesulitan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar.Jangan lupa, apa pun yang Anda lakukan, pasti diperhatikan oleh atasan.

4. Menganggap penting setiap orang.Bila Anda ingin bersikap agresif, Anda pun perlu bersikap baik denganrekan sekerja serta orang-orang yang berada di sekeliling. Anda kelirukalau menganggap tidak perlu menjalin hubungan baik dengan sekretarisatasan. Bersikaplah sopan dan ramah terhadap orang-orang di sekelilingAnda. Soalnya, kita tidak pernah tahu, sikap baik itu mungkin memegangperanan penting bagi masa depan Anda.

5. Tidak terpaku pada latar belakang pendidikan.Bila selalu merasa bahwa pekerjaan yang Anda lakukan tidak sesuaidengan latar belakang pendidikan, maka Anda akan menghasilkan pretasiyang buruk. Mungkin pekerjaan yang Anda lakukan tidak terlalu cocokbagi Anda, tetapi seorang profesional yang sukses melakukan tugas yangdibebankan kepadanya dengan sebaik-baiknya tanpa peduli di mana merekaberada.

6. Memiliki jejaring yang kuat.Pegawai yang sukses memahami dengan baik pentingnya suatu jaringan,baik di dalam maupun di luar kantor. Anda perlu bersikap proaktifuntuk mengembangkan hubungan profesional. Ajak dan undang rekansekerja untuk makan siang di luar. Sesekali, pergilah ke kafe sehabisjam kerja. Bergabunglah dengan yayasan profesional. Kembangkanjaringan profesional demi masa depan Anda.

7. Tidak terpaku pada jam kerja.Karena Anda bertanggung jawab atas nasib Anda, maka sudah menjadikewajiban untuk terus mencari jalan dalam memperbaiki profesionalismeAnda. Bersikap sukarela dalam melakukan pekerjaan tambahan, berminatbelajar sesuatu yang baru, serta bersedia pulang terlambat untukmembantu sesama rekan sekerja. Pekerja yang sukses tidak hanya bekerjaterpaku pada jam kerja, tetapi juga bersedia melakukan lebih agardirinya terlihat.

8. Kegagalan merupakan kunci suksesSetiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dari waktu ke waktu.Perbedaan antara orang yang sukses dan orang yang gagal adalahbagaimana mereka menghadapi kegagalan yang dialami. Pegawai yangsukses selalu belajar dari kesalahan yang mereka lakukan dan tetap maju.

9. Perlihatkan kemampuan.Apakah Anda menunggu sampai seseorang melihat bakat dan kemampuanAnda? Mungkin sudah saatnya memperlihatkan kemampuan Anda. Katakankeberhasilan Anda dan apa yang telah Anda lakukan bagi perusahaan.Profesional yang sukses mengerti cara memperlihatkan keberhasilanmereka tanpa terkesan sombong.

10.Tidak pernah berhenti mencari peluang.Tentu saja ada saat di mana Anda puas dengan pekerjaan yang sedangAnda geluti. Tetapi jangan lupa, profesional yang sukses selalumencari kesempatan untuk maju dan berkembang. Pasang mata, bukatelinga, dan buka wawasan untuk tantangan dan kesempatan baru. Andatidak pernah tahu, kapan akan mendapatkan sesuatu yang dapat mengubahkarier Anda menjadi lebih cemerlang.

(dr berbagai sumber)

1 comment:

  1. Wah sangat bagus sekali. saya akan print untuk bahan ajaran.
    Terima kasih

    ReplyDelete